Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang
merupakan produk pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan
"Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty White
sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan memberi
nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang tampil
dalam cerita Alice di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll.
Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama
keluarganya tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru
ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996,
Hello Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa
putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi
Jepang yang populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.
Di
Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar
tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi
kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi
desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui
setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian
musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan berbagai
macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomiatau
mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak
diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, direktur
perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di
Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004). Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun 1990-an berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné, hingga Paris Hilton danNicky Hilton semuanya pernah terlihat menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisayang dipersembahkan kepada Hello Kitty
0 komentar:
Posting Komentar